Activities

KOVALEN EDU FAIR

Kovalen Edu Fair merupakan merupakan ajang rutin tahunan sejak tahun 2010 sebagai wadah bagi siswa/i dan mahasiswa/i se-Indonesia untuk belajar dan berkarya. Di KEF kita dapat melatih kemampuan berpikir kritis, kreatifitas, inovasi, dan berkompetisi secara sportif. kita juga dapat mendapat relasi apabila dapat memanfaatkan kesempatan dengan baik. Ada 4 sub acara dalam rangkaian KEF yaitu National Chemistry Competition, National Essay Competition, Lomba Poster PCl5 Nasional, dan Seminar Nasional. KEF diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi semua yang nantinya berpartisipasi agar mampu berkompetisi di ranah yang jauh lebih luas dan ketat. KEF ini juga diselenggarakan sebagai upaya mewujudkan citra HMP Kimia Kovalen juga Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNS yang positif. Detail Acara:

(1) National Essay Competition

National Essay Competition merupakan kompetisi dalam bidang kepenulisan essay yang diselenggarakan HMP Kimia Kovalen FKIP UNS sejak tahun 2019. Kompetisi ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasisawa se-Indonesia untuk menyalurkan kreativitas, minat, dan bakatnya dalam hal kepenulisan essay. Selain itu, diharapkan mahasiswa juga dapat menuangkan segala aspirasi dan gagasannya terkait tema yang diangkat pada penyelenggaraan Kovalen Edu Fair. Dokumentasi:

NEC 2019

NEC 2020 (Online)

(2) National Chemistry Competition

National Chemistry Competition merupakan kompetisi dalam bidang ilmu kimia yang diselenggarakan oleh HMP Kimia Kovalen FKIP UNS untuk siswa siswi tingkat SMA Sederajat se-Indonesia. Kompetisi ini diharapkan mampu menjadi wadah untuk menambah pengetahuan siswa siswi dalam ilmu kimia dan menjadi wadah penyaluran minat dan bakat siswa siswi dalam bidang kimia.  yang bertujuan untuk:

  • Menambah pengetahuan tentang mata pelajaran Kimia bagi siswa SMA/MA sederajat
  • Sebagai media penyaluran minat dan bakat tentang matapelajaran Kimia pada siswa SMA/MA sederajat
  • Mempererat persaudaraan antar siswaSMA/Ma
  • Mengenalkan profil Pendidikan Kimia FKIP UNS kepada siswaSMA/MA sederajat se Indonesia

NCC 2019

NCC 2020 (Online)

(3) Lomba Poster Nasional PCl5

PCl5 merupakan lomba poster tingkat nasional bagi mahasiswa/i se-Indonesia sebagai wadah untu menyaluran ide & kreativitas dalam seni visual. Pada awalnya, PCl5 merupakan lomba gambar poster pada kertas berukuran A3 menggunakan crayon maupun pewarna lain bagi siswa-siswi SMP ataupun SMA sederajat. Kemudian, terjadi penyesuaian pada era pandemi yaotu tahun 2020 yang mana lomba poster PCl5 beralih menjadi lomba poster digital menggunakan aplikasi-aplikasi desain seperti Corel Draw, Photosop, Adobe Ilustrator, dan lain-lain dengan sasaran mahasiswa se Indonesia.

PCI5 2019

PCI5 2020 (Online)

(4) Seminar Nasional

Semianr Nasional sebagai sarana interaktif peningkatan pengetahuan dalam dunia sains dan teknologi.

SEMNAS 2019

SEMNAS 2020 (Online)

KOVALEN CARE

Kovalen Care (KOVCARE) merupakam program dari Bidang Pengabdian Mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan dan mewujudkan pengabdian HMP Kimia Kovalen FKIP UNS kepada masyarakat di desa sasaran serta sebagai bentuk implementasi salah satu Tri Dharma perguruan pinggi yaitu pengabdian. KOVCARE merupakan program kerja sosial sebagai wujud kepedulian pengurus HMP KIMIA KOVALEN terhadap masyarakat. KOVCARE ini biasanya terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain sembako gratis, pakaian gratis, cek kesehatan gratis, lomba TPA, germas dan sosialisasi.

COVCARE 2019

COVCARE 2020

SAMBUT MAHASISWA BARU (SAMARU)

Sambut Mahasiswa Baru (Samaru) adalah kegiatan pengenalan lingkungan kampus Pendidikan Kimia UNS, yang merupakan program kerja Departemen Kaderisasi Bidang pembinaan. Tujuan diadakannya SAMARU agar Mahasiswa Baru Pendidikan Kimia dapat mengenal kehidupan dan lingkungan kampus khususnya di Pendidikan Kimia UNS, selain itu agar Mahasiswa Baru dapat saling mengenal teman-teman baru (satu angkatan), kakak tingkat, dan  HMP Kimia Kovalen. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepemilikan dan rasa bangga menjadi bagian dari keluarga mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UNS.

SAMARU 2019

SAMARU 2020 (Online)

Kampung Binaan Kovalen (KBK)

Kampung Binaan Kovalen (KBK) merupakan salah satu program kerja HMP Kimia Kovalen Bidang Pengmas Departemen Sosial yang telah terbentuk sejak 2012 dan berlangsung hingga detik ini. KBK menjadi upaya dan wadah dari HMP Kimia Kovalen untuk berkontribusi secara langsung dengan kegiatan sosial yang dilakukan, terutama dalam hal mengajar TPA untuk anak-anak di desa sasaran. Untuk saat ini Kampung Binaan Kovalen terletak di Desa Mojosongo, Kecamatan Jebres. Pemilihan tersebut melalui survei dan observasi langsung hingga memutuskan untuk mengajar TPA di Masjid Nur Huda karena kurangnya pengajar TPA di sana. Kegiatan KBK ini tidak hanya terpusat untuk mengajar TPA, tetapi juga memberikan sosialisasi dan berbagi ilmu kepada warga, misalnya terkait kewirausahaan.

KBK 2019

KBK 2020

SARASEHAN

Sarasehan, merupakan salah satu program kerja departemen Kesejahteraan Mahasiswa Bidang Pengabdian Mahasiswa. Program kerja ini terbagi menjadi dua yaitu sarasehan mahasiswa-mahasiswa dan sarasehan mahasiswa-dosen. Tujuan dari program kerja ini adalah menghimpun aspirasi dan keluh kesah mahasiswa dan menyalurkan aspirasi dan keluh kesah mahasiswa kepada dosen Pendidikan Kimia FKIP UNS. Dari sarasehan diharapkan dapat ditemukan solusi dan jalan keluar dari keresahan-kerasahan mahasiswa maupun dosen terkait kegiatan perkuliahan di Program Studi Pendidikan Kimia termasuk sarana prasarana pendukung perkuliahan.

SARASEHAN 2019

SARASEHAN 2020 (Online)

Kunjungan Sepenuh Hati (KSp)

Acara KSp ini merupakan salah satu program kerja bidang Pengabdian Mahsiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP UNS dengan melakukan kunjungan sosial dan membantu pihak atau instansi yang dikunjungi.

KSp 2019

KSp 2020