Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNS berdasarkan SK Dekan FKIP UNS Nomor 243/UN27.02/HK/2016, adalah sebagai berikut :

Tugas Pokok dan Fungsi

  • Kepala Program Studi
  • Ketua Laboratorium
  • Staff Administrasi
  • Divisi Penjaminan Mutu
  • Divisi Promosi dan Kerjasama
  • Divisi Kemahasiswaan dan Alumni
  • Divisi Kurikulum dan Pembelajaran
  • Divisi Sarana, Prasarana dan Sistem Informasi
  • Divisi Skripsi dan Seminar Mahasiswa
  • Divisi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
  • Divisi Sumber Daya Manusia
  • Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)
  • Laboran/Teknisi
  • Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP)
  • Asisten Praktikum
Kepala Program Studi

Kepala Program Studi

 

  1. Melaksanakan koordinasi di tingkat program studi (planning, communicating, motivating, organizing, dan controlling) atas semua kegiatan yang meliputi bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Menyusun Rencana Strategi Bisnis (RSB) program studi;
  3. Menyusun rencana operasional dan program kerja tahunan pogram studi beserta pagu anggarannya yang dituangkan dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) dan Terms of Reference (TOR);
  4. Mengorganisasi dan mengendalikan pelaksanaan seluruh program kerja pogram studi agar memenuhi sistem manajemen mutu dan sasaran mutu;
  5. Memberikan layanan akademik mahasiswa di tingkat program studi;
  6. Mengkoordinasi pembinaan mahasiswa berbakat dan berprestasi;
  7. Mengkoordinasi kinerja dan pembinaan karir dosen dan tenaga kependidikan program studi;
  8. Membuat laporan kinerja tahunan pogram Studi;
  9. Bertanggung jawab kepada Dekan atas penyelenggaraan pendidikan di program studi atas dasar kurikulum yang berlaku.
Ketua Laboratorium

Ketua Laboratorium

 

Membantu Kepala Program Studi, dengan rincian :

  1. Menyusun rencana kerja laboratorium yang tertuang dalam Rencana Operasional Laboratorium;
  2. Mengelola sarana dan prasarana serta sarana penunjang pembelajaran lainnya di laboratorium;
  3. Mengelola kegiatan laboratorium untuk dosen dan mahasiswa;
  4. Berkoordinasi dengan Kepala Program Studi membuat ajuan kebutuhan alat dan bahan habis pakai untuk kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di laboratorium.
Staff Administrasi

Staff Administrasi

 

Membantu Kepala Program Studi di bidang administrasi program studi, dengan rincian:

  1. Mempersiapkan kelengkapan untuk proses perkuliahan, yaitu jadwal kuliah, presensi kuliah beserta berita acara perkuliahan (BAP) dan Berita Acara Ujian (BAU);
  2. Mengolah data dan informasi akademik (melalui portal SIAKAD), yang meliputi input presensi perkuliahan, mengelola nilai, mencetak transkrip nilai dan transkrip akademik lulusan serta layanan akademik lainnya;
  3. Mengkompilasikan data borang akreditasi program studi dan mengelola penyimpanannya;
  4. Membantu administrasi pelaksanaan program kerja program studi beserta laporan pertanggungjawabannya;
  5. Memfasilitasi layanan administrasi akademik mahasiswa serta ujian Skripsi dan Seminar Mahasiswa;
  6. Mengolah data layanan administrasi akademik untuk pelaporan kinerja.
Divisi Penjaminan Mutu

Divisi Penjaminan Mutu

 

Membantu Kepala Program Studi dalam pelaksanaan penjaminan mutu di program studi, mengacu pada standar mutu yang ditetapkan universitas, dengan rincian :

  1. Berkoordinasi dengan Unit Jaminan Mutu Fakultas mengkoordinasi kegiatan Audit Mutu Internal dan Eksternal;
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan penjaminan mutu program studi berdasarkan data yang ada;
  3. Bersama Kepala Program Studi membuat rencana tindak lanjut;
  4. Mengkoordinir pengukuran kepuasan mahasiswa dan stake holder terhadap layanan program studi maupun kinerja alumni serta pelaksanaan pencitraan publik.
Divisi Promosi dan Kerjasama

Divisi Promosi dan Kerjasama

 

Membantu Kepala Program Studi dalam promosi program studi dan menjalin kerjasama dengan lembaga/instansi terkait sebagai wujud pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, dengan rincian :

  1. Merencanakan kegiatan promosi program studi dan kerjasama dengan lembaga pendidikan maupun non kependidikan dalam dan luar negeri;
  2. Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan promosi program studi dan kerjasama dengan lembaga mitra dan institusi lain dalam dan luar negeri;
  3. Menginventarisasi dan mengevaluasi hasil promosi program studi dan kerjasama dengan lembaga mitra dan institusi lain dalam dan luar negeri;
  4. Melakukan update data borang terkait promosi program studi dan kerjasama.
Divisi Kemahasiswaan dan Alumni

Divisi Kemahasiswaan dan Alumni

 

Membantu Kepala Program Studi dalam bidang kemahasiswaan dan alumni, dengan rincian:

  1. Memberikan layanan informasi mahasiswa dalam bidang akademik dan non akademik;
  2. Melakukan pengawasan dan pembimbingan untuk kemajuan Himpunan Mahasiswa Program Studi;
  3. Membuat dan mengelola data base alumni mahasiswa program studi;
  4. Melakukan koordinasi dengan Ikatan Alumni UNS dalam kerangka pengembangan program studi;
  5. Melakukan update data borang Standar 3 (Kemahasiswaan dan Lulusan).
Divisi Kurikulum dan Pembelajaran

Divisi Kurikulum dan Pembelajaran

 

Membantu Kepala Program Studi dalam pemantauan berjalannya kurikulum dan pembelajaran, dengan rincian:

  1. Berkoordinasi dengan staf administrasi program studi dalam penjadwalan mata kuliah;
  2. Melakukan identifikasi kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan masyarakat dan fasilitasi persiapan kegiatan rekonstruksi kurikulum;
  3. Berkoordinasi dengan Divisi Penjaminan Mutu melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, serta kelengkapan perangkat pembelajaran dosen pengampu mata kuliah;
  4. Melakukan update data borang Standar 5 (Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik).
Divisi Sarana, Prasarana dan Sistem Informasi

Divisi Sarana, Prasarana dan Sistem Informasi

 

Membantu Kepala Program Studi dalam mengelola sarana, prasarana dan data base program studi, dengan rincian :

  1. Mengkoordinasi pembuatan data base elektronik yang optimal untuk manajemen program studi dan pelayanan aksesnya;
  2. Mengelola dan mengembangkan keberadaan data base sarana dan prasarana program studi;
  3. Mengkoordinasi pemrosesan inventarisasi sarana dan prasana program studi;
  4. Melakukan update data borang Standar 6 (Pembiayaan, Sarana dan Prasarana, Serta Sistem Informasi).
Divisi Skripsi dan Seminar Mahasiswa

Divisi Skripsi dan Seminar Mahasiswa

 

Membantu Kepala Program Studi dalam koordinasi pelaksanaan mata kuliah skripsi dan seminar mahasiswa, dengan rincian :

  1. Mengkoordinasi pendaftaran skripsi dan mata kuliah seminar mahasiswa dengan mempertimbangkan syarat administratif;
  2. Mengatur distribusi pembimbing skripsi dan seminar mahasiswa sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. Membuat data base tentang skripsi dan mata kuliah seminar mahasiswa serta verifikasi judulnya;
  4. Melakukan kegiatan recharger metodologi dan analisis data penelitian bagi mahasiswa pada akhir semester 6 (enam).
Divisi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Divisi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

 

Membantu Kepala Program Studi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di program studi, dengan rincian :

  1. Memberikan informasi hibah-hibah penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari sumber internal dan eksternal;
  2. Melakukan koordinasi dengan Ketua Research Group di program studi untuk merencanakan program-program penelitian dan pengabdian pada masyarakat program studi;
  3. Melakukan kegiatan paper working forum terpogram untuk meningkatkan jumlah publikasi di jurnal bereputasi;
  4. Menginventarisasi hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari dosen program studi untuk mengupdate data borang Standar 7 (Penelitian, Pelayanan/Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama).
Divisi Sumber Daya Manusia

Divisi Sumber Daya Manusia

 

Membantu Kepala Program Studi dalam pengembangan sumber daya manusia di program studi, dengan rincian:

  1. Mengidentifkasi kebutuhan pengembangan dosen dan tenaga kependidikan program studi;
  2. Berkoordinasi dengan Kepala Program Studi dalam perencanaan, pelaksanaan dan penjadwalan kegiatan pengembangan dosen dan tenaga kependidikan program studi baik yang rutin maupun insidental;
  3. Mengkoordinasi kegiatan monitoring dan evaluasi rekam jejak kinerja akademik dosen dan tenaga kependidikan dalam tri dharma perguruan tinggi dan dokumentasinya;
  4. Melakukan update data borang Standar 4 (Sumber Daya Manusia) melalui koordinasi update data kepegawaian dosen dan tenaga kependidikan.
Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)

Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)

 

Membantu Kepala Laboratorium dalam pengelolaan kegiatan laboratorium, dengan rincian:

  1. Mengontrol dan mendata sarana laboratorium (ruang, alat dan perlengkapan praktikum) untuk mengetahui keadaan dan kemungkinan adanya kerusakan pada sarana laboratorium;
  2. Menyiapkan dan membantu pengoperasian alat lab kategori 1 dan 2 untuk pendidikan dan penelitian dosen dan mahasiswa;
  3. Memberikan layanan peminjaman alat-alat laboratorium dan penggunaan bahan habis pakai untuk kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa;
  4. Memelihara sarana laboratorium dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur sarana laboratorium siap pakai;
  5. Menyiapkan data kebutuhan alat dan bahan habis pakai untuk kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
Laboran/Teknisi

Laboran/Teknisi

 

  1. Membantu tugas PLP dalam memelihara sarana laboratorium dan memperbaiki kerusakan ringan sesuai prosedur agar sarana laboratorium siap pakai;
  2. Membantu tugas PLP dalam pelayanan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarat dosen dan mahasiswa.
Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP)

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP)

 

Menyelenggarakan kegiatan serta wahana pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai dengan program studi dalam kapasistasnya sebaga organisasi kemahasiswaan non struktural yang merupakan perwakilan di program studi.

Asisten Praktikum

Asisten Praktikum

 

  1. Membantu tugas Dosen dalam mengajar praktikum di laboratorium;
  2. Berkoordinasi dengan PLP dan Laboran dalam membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan praktikum di program studi.