Dosen Pendidikan Kimia UNS Gelar Pelatihan ChemOffice Bersama Guru Kimia se-Surakarta dan Boyolali

Solo – Dosen Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNS yang tergabung dalam Grup Riset Media Pembelajaran Kimia memberikan Pelatihan ChemOffice kepada guru-guru Kimia se-Surakarta dan Boyolali. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Kemitraan Masyarakat, dalam hal ini Prodi Pendidikan Kimia UNS bermitra dengan MGMP Kimia SMA Surakarta dan Boyolali.

Ketua Tim Pengabdian, Widiastuti Agustina, M.Si., menyatakan bahwa pelatihan ChemOffice dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan guru kimia SMA dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). “Guru kimia pasti perlu menuliskan struktur atau notasi kimia dalam media pembelajaran yang mereka susun. Karena belum mengenal ChemOffice, biasanya mereka masih menggunakan MS Word yang realtif umum. Padahal menggambar struktur kimia dengan MS Word itu rumit dan seringkali menghasilkan struktur atau notasi kimia yang kurang tepat. Maka dari itu, kami memberikan pelatihan ini supaya guru-guru kimia dapat membuat dan mengembangkan media pembelajaran kimia dengan baik dan tepat.” Mengenai alasan pemilihan dua mitra tersebut, Widiastuti menyatakan bahwa hal tersebut karena Ketua MGMP Kimia SMA Surakarta, Drs. Ari Harnanto, S.Pd., dan Ketua MGMP Kimia Boyolali, Narimo, S.Pd., keduanya merupakan alumni Pendidikan Kimia UNS. Sehingga kegiatan ini sekaligus mempererat jaringan antara Prodi dengan Alumni.

Dalam memberikan pelatihan kepada guru kimia se-Surakarta dan Boyolali, Widiastuti bersama 3 orang anggota tim pengabdian, yaitu Dr. paed. Nurma Yunita, Dr. Elfi Susanti dan Dr. Sri Yamtinah, dibantu oleh tiga orang mahasiswa sebagai asisten. Setiap peserta dipandu untuk melakukan instalasi aplikasi ChemOffice, yang terdiri dari ChemDraw dan Chem 3D, kemudian diperkenalkan menu-menu yang ada dalam aplikasi tersebut sekaligus diajak untuk mempraktekkannya secara langsung. Peserta tampak antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut, yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang muncul dan semangat untuk mengikuti pelatihan sampai akhir.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *